Bismillah…

ILMU itu sangat berharga bagi manusia. Seseorang dipandang indah dan berkelas bisa dilihat dari ilmunya. Seseorang bisa mendapatkan gaji besar lantaran disiplin ilmu yang telah ditempuhnya. Bahkan, seseorang akan disenangi oleh kawan-kawannya disebabkan oleh ilmunya. Bahkan Allah SWT berfirman dalam Al-Quran bahwa Allah akan meninggikan beberapa derajat bagi orang yang menuntut ilmu. Oleh karena itu kita harus ber-ILMU. dan tentu saja, ilmu tersebut akan kita dapatkan berkat rahmat dari Allah dan juga kerja keras.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas sedikit saja keterangan dari Kitab Ta’limul Muta’allim (Kitab Alaalaa) mengenai kenapa kita kok harus berilmu dan harus menuntut ilmu. Saya tidak berani terlalu menjelaskan bahkan menafsirkan kitab tersebut terlalu banyak karena memang saya tidak memiliki kapasitas dan juga kapabilitas seorang mufassir untuk memberikan penafsiran mengenai nadhom dari kitab tersebut.

Oke, langsung saja, karena saya juga gak suka bertele-tele.πŸ˜€ begini, ada dua syair pada kitab tersebut yang memiliki arti kurang lebih begini, dalam bahasa jawa (bukan hasil tafsirnya lo yaπŸ˜€ ) :

Syair pertama :

wong duwe ilmu urip langgeng sakwuse mati…

dene adon2-ne bosok nang ngisor bumi…

Syair kedua :

wong bodo mati ibarat-e koyok mlaku nang nduwur bumi…

dene nyono wong kang urip nanging podho wong mati…

Apa yang bisa dipetik dari dua syair dari kitab Ta’limul Muta’allim diatas?? Coba anda semua menerjemahkan sendiri kemudian mengambil intisarinya sendiri. Aku dewe bingung kok, hehehe, guyon jeh…

Satu hal yang pasti berdasarkan dua syair diatas. Jangan jadi orang yang tak berilmu (Bodoh). Karena orang bodoh itu seperti orang mati yang berjalan diatas bumi. Kalaupun orang bodoh tersebut masih bernafas dan hidup dibumi, laksana orang tersebut seperti orang yang sudah mati. Dengan kata lain, Hidup atau Enggak, orang Bodoh itu bisa dikatakan tidak akan memberi pengaruh terhadap bumi (dunia). Lebih baik tidak hidup sekalian dari pada hidup tapi tidak memberikan perubahan bagi dunia.

So, Mari Kita Menuntut Ilmu Kawan!!! Mari Kita Memajukan Bumi Pertiwi Ini….πŸ˜€

wallaahu a’lam bish-showaab…