Tampilan Awal Server FROST Billing Warnet

Form Login Client FROST Billing Warnet

Masih jelas teringat dibenakku tentang pekan itu. Ya..Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXI di UNISSULA Semarang 14-19 Juli 2008. Yup, pada PIMNAS itulah keikutsertaanku yang pertama. (Terlambat banget yah…๐Ÿ˜ฆ ) Sebelumnya aku hanya jadi pendukung.๐Ÿ˜€

Adalah acara pendukung AKOSS yang membawaku turut serta dalam kontingen ITS (Institut Sepuluh Nopember Surabaya) untuk maju, berperang, terdepan, sampai titik darah penghabisan dalam PIMNAS XXI di UNISSULA. Pda tau AKOSS kagak?? Muehehehehe….. AKOSS = Ajang Kreasi Open Source Software. Bener banget pren, Aplikasi FROST Billing Warnet tim kami (Saya, Hinsa, Didit dan Ayiz)ย  yang lolos mewakili ITS untuk ada lomba disana. (Busyet…kagak nyangka ni software bisa lolos…eh lupa, Alhamdulillah…๐Ÿ™‚ ).

Ada rasa bangga dan juga tentunya ada rasa SUEDIH banget. Dan rasa sedih dan kecewa ini yg coba akan aku sampaikan disini. Rasa bangganya adalah tim Distro CIELOS dapet juara 3 meeennnnn……

Hooorreeeee…..HIDUP SILOS, eh salah, HIDUP CIELOS!!!! (WARNING!! : yang kagak tau kepanjangannya SILOS dilarang Ketawa atau Senyum2…Qiqiqiqiqiqi).

Rasa sedihnya gini….Aku tuh menanyakan sekali dengan proses penjurian si Juri. Ceritanya gni, pas pameran itu juri keliling buat tanya2 ke para peserta. Tim dari IPB ditanya…tim dari UGM ditanya…Tim dari UI ditanya…dan setelah itu tim Billing yg ditanya :

Juri : “Ini billing warnet itu kan?? Coba didemokan…”

Saya : “Baik pak…Begini pak, ini ada dua laptop, yg satu jd server dan satunya jadi client…”

Saya : “Billing ini dibuat dg bahasa JAVA pak..Jadinya multiplatform. Saya contohkan yg server jalan diwindows dan yang client jalan di Ubuntu. Saya coba jalankan ya pak!!!????”

beberapa detik kemudian…..

Saya : “Lho kok…..Clientnya nge-Hang!!!. Lho Pak, kok Hang!!! Kenapa ini pak…Maaf pak ada yg salah ini pak!!”

Juri : “Sudah gpp….saya PAHAM kok…”

Saya : “paham gimana pak?? Ini lg error pak….”

coba saya utak-atik lagi…

dan ternyata tetep hang…

Juri : “Sudah mas gpp…Saya PAHAM kok…”PAHAM kok saya. Ini yang Billing warnet kan??”

bentar..bentar…

anda semua paham dg maksud sijuri???. apa hubungannya HANG dengan bisa membuat orang jadi PAHAM. Apakah titik kepahaman si juri bisa sampai menembus batas ke HANG-an komputer walaupun fungsi aplikasi g jalan??? Apakah batas kepahaman juri sampai kedunia metafisik??? Apakah limit kepahaman si juri bisa menembus sampai batas bit terdalam dari kompiler JAVA walaupun aplikasi error??? (Lho kok???) Hebat dah si juri….Bukannya tambah ABSURD yak!!!

Asal diketahui, pada saat hang, laptop saya jadi blank…kosong…gak ada apa2…Huuuaaaaaa…..gagal deh…aku belum sempet menjelaskan ke juri….masak aku menjelaskan HANG, dan juri langsung manggut2 alias PAHAM???? sekali lagi, PAHAM…. PAHAM teman2…????๐Ÿ˜ฆ

Konversasi pun berlanjut…… :

Saya : “Sebentar ya pak…Saya coba utak-atik lagi..”

Juri : “Sudah…g usah dek…saya sudah PAHAM kok. Masih banyak yg harus saya nilai. waktu saya sempit. Terima Kasih ya…”

Busyet dah…keren abis tuh juri. Bisa PAHAM tanpa dijelasin fungsionalitas dari aplikasi Billing Warnet ku….Salut Saya Pak!!! (Ups..Bo’ong tu dosa g ya)

Nah..itulah yg membuat saya kecewa pada PIMNAS XXI di Semarang. Seketika setelah juri pergi dari stan saya, saya langsung restart kompi dan ternyata bisa jalan aplikasi Billing Warnet nya. Alhamdulillah….Waaah, ngadain syukuran ah!!!๐Ÿ˜€

Dan tau gak temen2…ternyata hal serupa terjadi pada dua tim ITS lain yg ikut AKOSS. Dan ternyata pernyataan si juri sama….”SAYA PAHAM KOK”…Bbbeeeuuuhhhhh……………….

Tapi ya apa mo dikata…Nasi sudah menjadi Pecel, dikasih bumbu kacang, sayur, rempeyek dan empal. eh, salah ya, Nasi sudah menjadi Bubur!!! Hanya tim Distro CIELOS lah yang berhasil jadi juara tiga kategori DISTRO pada AKOSS. Selamat ya…..๐Ÿ™‚ Semoga penjurian di PIMNAS selanjutnya lebih TRANSPARAN dan YAHUD lagi…Amiinnn….

Surabaya, 22 Juli 2008, 11:41 PM

M Rohmatulloh S