Alhamdulillah…..

akhirnya, setelah dua pekan terakhir jiwa dan hati ini sepi dan gersang akan ayat dan syiar illahi, kemarin (27-Agustus-08) kalbu ini mendapatkan seruan kalimat2 indah nan menyejukkan. ya, kemarin saya ikut kajian di masjid kampus ITS, yakni masjid Manarul Ilmi. Kajian tersebut membahas mengenai “Puasa Rasulullah”. hal ini berkaitan dengan semakin dekatnya Bulan Ramadhan yg akan menyambut kita semua.

sejatinya kajian tersebut dimulai pukul 15.30. akan tetapi, saya, dengan wajah kumus2 yg belum mandi (lagi) dari tadi pagi serta pas paginya di suruh kedepan kelas karena terlambat 30 menit buat masuk kuliah , datang di Masjid kampus pukul 16.03. Segera, setelah datang langsung membersihkan diri sekalian wudhu. ya, biar g keliatan amat lah g mandinya. (Untungnya pas shubuhnya saya sudah gosok gigi. kalo enggak….😀 ).

setelah sholat ashar jamaah dg muslim lainnya, selanjutnya saya masuk kebarisan dengan jamaah kajian yg lain. dan memang seperti yg saya duga sebelumnya bahwa saya terlambat dg materi yg disampaikan. (ya iyalah… masa ya iya dong!!!)

detik demi detik, menit demi menit saya lalui dengan fokus dan serius mendengarkan ceramah dari sang ustadz. O ya, untuk diketahui, ustadz yg ngasih ceramah pas itu adalah ustadz yg rutin ngasih kajian di salah satu masjid diampel. soalnya aku pernah liat. aku ngerti ustadznya, tapi ustadznya yg g ngerti aku. (tapi ak g tau nama si ustadznya😦 ). dan kebetulan kajian kemarin diadain sama Remaja Masjid Kampus buat menyambut datangnya Bulan Suci nan Agung, yakni Bulan Ramadhan.

begitu damai mendengarkan ceramah dari ustadz. Memberikan tambahan ilmu bagiku. Memperdalam pemahaman ilmu bagiku, khususnya mengenai puasanya Baginda Rasulullah Muhammad SAW. disaat sedang ndegarkan ceramah, ada satu hal yg tak kusadari dengan keadaan sekelilingku….

Apakah itu ?…

saya baru sadar klo kebanyakan para jama’ah mencatat apa yg disampaikan oleh si ustadz. dan saya adalah salah satu anak yg tidak melakukan hal itu. terakir kali nyatet ceramah2 kulakukan pas SMA, itupun disuruh oleh guru. yaaa, biar keliatannya gimana gitu dan ada sedikit perasaan ngikut2 sama yg lain akhirnya saya ngeluarkan HP dan selanjutnya saya gunakan HP sebagai alat mencatat.😀 Astaghfirullah….

dan tanpa pikir panjang, saya langsung mencatat apa yg disampaikan oleh ustadz. dan yg sempat tercatat oleh saya mengenai kajian tersebut adalah mengenai “HAL-HAL yg TIDAK MEMBATALKAN PUASA”. oleh karena itu, untuk menyampaikan sekaligus men-share apa yg saya dapat, saya tulis poin2 tersebut melalui tulisan ini. (maap yak klo inti dari tulisan ini mulai dari sini ??? hehehehe…😀 )

Hal-Hal yang Tidak Membatalkan Puasa :

  1. Tidak dengan Sengaja Makan dan Minum; ingat!!! makan dan minum dg tidak sengaja, bukan dengan SENGAJA
  2. Muntah dg Tidak Sengaja; klo sengaja menyogok-nyogok tenggorokan terus muntah, berarti batal puasanya boz…
  3. Mencium Istri; wah, ini…maksudnya mencium istri karena sayang dan bukan karena HAWA NAFSU. ingat!!! bukan karena nafsu!!! karena yg ditakutkan gini, bisa aja kan, karena nafsu, nyium istri, eh, lha kok keterusan/bablas masuk kamar dan………. %$#@!$$%
  4. Mimpi Basah di Siang Hari; Ini juga bukan karena ada unsur sengaja. karena lg g ada kuliah, tidur2an dikamar, trus ketiduran. lha kok pas bangun celana sudah pada basah!!!. ya langsung mandi besar aja…Insya Allah puasanya g batal.
  5. Mengakhirkan Mandi Janabah; contohnya gini, ada suami-istri malamnya “dokter2an”. trus bangunnya agak mepet2 mau shubuh. trus bingung, sahur dulu ato mandi besar dulu, soalnya keburu adzan. akhirnya sang pasangan milih sahur dulu. pas tepat hbs sahur, adzan bkumandang. ya sudah, diterusin aja buat MANDI JUNUBnya. Nah, mengakhirkan mandi janabah seperti itu insya ALLAH dibolehkan.
  6. Membasuh Lubang Hidung dg Air saat berWudhu; dibolehkan membasuh lubang hidung pas wudhu. asalkan tidak berlebih-lebihan dan tidak ada niat untuk membatalkan puasa alias niatnya ya wudhu.
  7. Memakai Siwak; pake siwak pas sebelum sholat, ya dibolehkan juga. asalkan tidak berlebih-lebihan dan tidak ada niat untuk membatalkan puasa alias niatnya ya buat membersihkan diri sebelum sholat.
  8. Memakai Celak; bahasa indonesianya ‘celak’ apa ya…pokoknya yg bikin alis mata keliatan hitam itu lo.
  9. Menelan Ludah

Sekian dulu dari saya, terima kasih sudah berkunjung dan mau baca tulisan ini. Semoga memberikan manfaat bagi yg membacanya…Amin…..

“Undhur maa qaala… walaa tandhur man qaala…” :

“Lihatlah apa yang disampaikan, dan jangan melihat siapa yang menyampaikan…”

Wallaahu a’lam bish-showaab….