Bismillah…

Pada postingan ini, saya ingin berbagi ilmu saja mengenai hasil coba-coba saya terhadap aplikasi yang disebut sebagai Mashup Editor. Mashup Editor yang saya coba-coba-i adalah Yahoo! Pipes. Yup, Mashup Editor yang disediakan oleh Yahoo!.

Yahoo! Pipes merupakan aplikasi atau editor mashup berbasis web yang disediakan oleh Yahoo! untuk mendukung pembuatan aplikasi yang juga berbasis web, yang mana aplikasi tersebut dibuat dari hasil kolaborasi berbagai data atau services yang ada diinternet dan menampilkannya sebagai aplikasi yang baru.

Seseorang yang menginginkan menggunakan aplikasi Yahoo! Pipes ini diharuskan terhubung langsung dengan internet (memiliki koneksi internet) dan juga paling tidak memiliki ID/Email Yahoo! terlebih dahulu. kalopun gak punya, ya tinggal Signup aja kan.🙂

berikut ilustrasinya :

Buka Yahoo! Pipes
Buka halaman situs Yahoo! Pipes dengan alamat http://pipes.yahoo.com/pipes/, kemudian login menggunakan Yahoo! ID dan selanjutnya pilih menu “Create a pipe”, menu yang terletak disudut kanan atas.

Halaman Awal Yahoo! Pipe

Halaman Awal Yahoo! Pipe

Merancang “Pipa” Penyaring Konten Web
Setelah memilih menu “Create a pipe”, selanjutnya sistem akan menampilkan area kerja untuk merancang dan menyusun pipa-pipa atau modul-modul yang akan digunakan untuk mengambil nilai tertentu dari situs yang diinginkan.

Area Kerja Yahoo!Pipes

Area Kerja Yahoo!Pipes

Dan contoh dibawah ini adalah desain pipa penyaring konten web yang mana modul atau pipa tersebut merujuk pada url (alamat) RSS dari suatu situs, dalam contoh kali ini RSS yang dituju berasal dari tiga situs, http://rss.detik.com/index.php/detikcom, http://rss.vivanews.com/get/all dan juga alamat RSS http://sindikasi.okezone.com/index.php/news/RSS2.0. Dan konten yang digunakan sebagai contoh untuk dicari adalah konten mengenai “pilkada jatim”.

Desain Pipa Penyaring Konten

Desain Pipa Penyaring Konten

Run the Pipes
Setelah itu, simpan desain pipa tersebut diatas agar tidak hilang kemudian eksekusi rancangan pipa tersebut dengan menekan menu “Run Pipe…” yang ada diatas dari area kerja tersebut. Dengan mengeksekusi desain pipa yang sudah dirancang, maka sistem akan menampilkan daftar konten-konten yang didapatkan oleh Yahoo!Pipes sesuai desain rancangan yang dilakukan sebelumnya. Dan konten-konten inilah yang bisa dikatakan sebagai hasil Mashup dari beberapa situs melalui RSS-nya.

daftar konten yang berhasil didapatkan oleh Yahoo!Pipes

daftar konten yang berhasil didapatkan oleh Yahoo!Pipes

Output Options
Dari daftar konten yang didapatkan, selanjutnya keluaran tersebut bisa diproses menjadi beberapa bentuk atau format sesuai yang diinginkan. Diantara format data yang ditawarkan oleh Yahoo!Pipes bisa berupa format RSS, format JSON, format PHP, dan lain sebagainya.

Output Options

Output Options

Pada contoh kali ini, keluaran yang dihasilkan, oleh penulis (yaitu saya sendiri :d ) dijadikan dalam bentuk atau format RSS. Dan berikut gambarnya:

Keluaran yang diubah dalam format RSS

Keluaran yang diubah dalam format RSS

Okey, That’s all for this post. Thanks for reading folks!!! See you next time….

🙂