hello folks!!

jumpa lagi dengan saya setelah sekian lama tidak nge-blog…πŸ˜€

kali ini saya ingin berbagi sesuatu yang sederhana tentang Javascript. Meskipun sederhana namun artikel mengenai ini (apalagi dlm bhs Indonesia) sungguh sangat sedikit bisa didapat. karena faktor tersebut, alangkah indahnya dunia ini jika kita berbagi kepada sesama dan hal tersebut mampu memberikan manfaat bagi yang lain.

Apa yang saya ingin bagi ??? Sesuai dengan judulnya, bahwa saya ingin memberikan contoh kecil atau source-code mengenai bagaimana Menjumlah Input Form (text-field) yang bertipe Array ?.

Ilustrasinya :

  • saya memiliki Form Input bertipe Text, dan nama form tersebut bertipe array. (<input name=“sum[]” type=”text” size=”2″ />)
  • saya ingin menjumlahkan semua nilai yang ada dalam form input tersebut menggunakan javascript, dengan menekan tombol “Jumlah”. (<input name=”jumlah” type=”button” value=”Jumlah” onclick=”javascript:addsum()” />)
  • kemudian, sesaat setelah saya menekan tombol tersebut, nilai totalnya akan saya tampilkan saat itu juga.

Berikut contoh source-code nya:

<form id="form1" name="form1" method="post" action="">
 <label>
 <input name="sum[]" type="text" id="sum[]" value="490" size="2" />
 </label>

 <label>
 <input name="sum[]" type="text" id="sum[]" value="3" size="2" />
 </label>

 <label>
 <input name="sum[]" type="text" id="sum[]" value="2" size="2" />
 </label>

 <input name="jumlah" type="button" value="Jumlah" onclick="javascript:addsum()" />

 <span id="total"></span>
</form>

<script language="javascript">
function addsum(){
 var tot=0;
 var count = document.getElementsByName('sum[]');

 for(i=0; i<count.length; i++){
 tot = tot + parseInt(count[i].value);
 }

 document.getElementById('total').innerHTML='Total = '+tot;

}
</script>

semoga bermanfaat and thanks for reading guys!πŸ™‚

see you next time….